Resep Membuat Chicken Katsu With French Fries

Resep Membuat Chicken Katsu - Kini telah hadir berbagai macam makanan khas Jepang yang di produksi di Indonesia. Mulai dari dijual di Restorant-restorant maupun kedai-kedai ala Jepang. Dan untuk sahabat witnifood yang gemar dengan masakan dan makanan ala Jepang, bersenanghatilah karena kini hadir olahan ayam lezat yang dinamakan dengan Chicken Katsu. Mungkin sudah hampir setiap orang mengenal Chicken Katsu, terutama yang sering berkunjung ke kota, hihi. Naaaah bagi yang belum mengenal apa Chicken Katsu sebaiknya segera cari tahu yukkk :)

Chicken Katsu adalah ayam goreng ala Jepang. Makanan ini merupakan penyesuaian dari menu asli Jepang yakni Tonkatsu, makanan yang sangat populer di Jepang dan sudah ada sejak abad ke-19. Konon katanya, Tonkatsu disebut sebagai makanan kerajaan karena kelezatannya yang begitu menggoda. Dan kerap dijumpai oleh masyarakat Jepang ketika acara-acara tertentu dan juga dapat diolah untuk hidangan harian.

Berbeda dengan Chicken Katsu yang memakai bahan dasar daging ayam, Tonkatsu berbahan baku babi goreng dengan roti setebal satu hingga dua sentimeter dan dipotong dalam bentuk kotak panjang. Biasanya disajikan dengan kol dan tomat. Jadi mengapa dinamakan Chicken Katsu ? Ya karena menggunakana daging ayam, karena sebagian besar masyarakat Indoneia adalah muslim.

Cita rasa Chicken Katsu memang tidak asing, karena makanan ini juga mudah diterima oleh lidah Indonesia. Dan yang pasti, dijamin halal. Penggunaan tepung panko sebagai ‘kulit’ dari daging ayam, membuat bagian luar menjadi crispy, renyah dan gurih. Yang pastinya akan menambah selera. Chicken Katsu juga dapat dinikmati bersama nasi kari, ataupun dicocol dengan saus tomat.

Jika sahabat witnifood pernah mencoba Chicken Katsu ini ketika berkunjung ke Restorant-restorant, tidak ada salahnya kan apabila sahabat witnifood mencoba membuat sendiri dirumah, bahan yang digunakan juga relatif mudah untuk sahabat witnifood temukan. Berikut Resep Membuat Chicken Katsu ala Rumahan yang pastinya tak kalah lezat dari Chicken Katsu yang disajikan di Restorant-restoran, hihi.

Resep Membuat Chicken Katsu

Resep Membuat Chicken Katsu
Resep Membuat Chicken Katsu

Bahan-bahan :

  • 1 Buah dada ayam fillet.
  • 1 Butir Telur Ayam.
  • 1 bungkus Tepung bumbu serbaguna.
  • Tepung roti atau tepung panir secukupnya.

Bumbu rendaman :

  • 1 siung Bawang putih.
  • 1 ruas Jahe.
  • 1 sdt garam.
  • 1/2 sdt merica bubuk.
  • 1 buah jeruk nipis.

Cara Membuat :

  • Langkah pertama, belah dada ayam dengan ketebalan kurang lebih 1 cm. 1 dada ayam bisa dipotong menjadi 4 bagian.
  • Selanjutnya ulek bumbu rendaman, tambahkan jeruk nipis.
  • Setelah itu masukan ayam dalam bumbu rendaman selama 15 menit.
  • Kemudian balut ayam dengan bumbu serbaguna, setelah itu masukan ke kocokan telur, lalu gulirkan ke tepung roti sambil ditekan hingga menempel.
  • Diamkan dalam freezer min 30 menit.
  • Goreng dalam minyak panas sampai kuning keemasan. Potong dan sajikan hangat.
Sajikan selagi hangat dengan ditambah garnish daun seledri agar tampilan lebih menarik, sajikan bersama kari atau saus tomat, dan yang pasti dapat dijadikan lauk makan. Untuk pelengkap dalam Resep Membuat Chicken Katsu dapat sahabat witnifood tambahkan sayur-sayuran seperti wortel, buncis yang sudah dikukus. Bisa juga sahabat witnifood tambahkan dengan french fries (kentang goreng). Dijamin anak-anak menyukainya.

Chicken katsu juga dapat dijadikan bekal sekolah anak-anak, bahkan untuk bekal piknik sekalipun. Resep Membuat Chicken Katsu yang mudah dan praktis. Jangan kemana-mana dear, tetap stay di witnifood.blogspot.com. Resep lain juga dapat sahabat witnifood coba, salah satunya adalah resep makanan tradisional khas Banyumas, Cimplung Singkong yang legit dan empuk banget. Selamat mencoba, semoga bermanfaat :)

Post a Comment for "Resep Membuat Chicken Katsu With French Fries"

close
Shopee Promo