Resep Telur Puyuh Balado Bumbu Pedas

Resep Telur Puyuh Balado - Jika menyantap telur ayam adalah hal yang sudah biasa karena kini telur ayam sangat banyak dan mudah dijumpai, hal tersebut karena peternak telur ayam sudah marak di berbagai penjuru di belahan dunia ini. Naaah bagaiman dengan Telur berukuran mungil yang bentuknya seperti kelereng ? atau lebih besar sedikit dari kelereng ? Hihi. Telur puyuh tepatnya. Sudah pernah mencobakah sabahat witnifood mengkonsumsi Telur Puyuh ?

Telur Puyuh juga sudah banyak yang memproduksi/ berternak, namun untuk volume peternak telur ayam jauh lebih banyak dibandingkan telur puyuh. Seperti halnya telur-telur lain, telur puyuh memiliki kandungan nutrisi serta manfaat yang tak kalah baik dari telur-telur lainnya. Bahkan kandungan gizi pada telur puyuh disebut-sebut lebih tiggi dibandingkan dengan nutirisi gizi pada telur ayam. 

Umumnya, telur puyuh yang memiliki bentuk nan mungil tersebut memiliki berat sebanyak 10 gram hingga 12 gram per butirnya. Namun demikian, kandungan pada telur puyuh menyediakan banyak unsur yang dibutuhkan oleh tubuh agar nutrisi dan gizi tubuh tetap terpenuhi. Faktanya, nilai gizi dari telur puyuh yang mungil ternyata tiga hingga empat kali lebih besar dibandingkan dengan telur ayam. Waahhh pasti sahabat witnifood semakin tertarik untuk mencoba olahan telur puyuh tersebut. Hihi

Olahan yang berbahan dasar telur puyuh kini sangat bervariatif, mulai dari campuran sop, didadar biasa, direbus, telur puyuh balado, telur puyuh cabe ijo, telur puyuh bacem, opor telur puyuh dan masih banyak lagi olahan telur puyuh lainnya. Dengan menggunakan bahan dan bumbu rempah khas Indoneisa, yang pastinya olahan-olahan yang berbahan dasar telur puyuh tersebut sangat lezat dan nikmat ketika disantap dan bergizi pastinya. Nyamiiiii

Dari beraaneka ragam jenis olahan yang menggunakan bahan dasar telur puyuh tersebut, bagaimana jika pada kesempatan kali ini kita kupas tentang olahan telur puyuh yang bernama Telur Puyuh Balado dulu ya sahabat witnifood. Untuk sahabat witnifood yang belum begitu paham apa itu balado, mari kita ulas sejenak apa sih balado itu ? Jangan kemana-mana ya sahabat witnifood.

Balado adalah teknik memasak khas Minangkabau dengan cara menumis cabe giling atau yang sudah dihaluskan dengan cara diulek atau blender dengan berbagai campuran rempah, seperti bawang merah, bawang putih, jeruk nipis dan bumbu lainnya. Bumbu balado dihidangkan dengan cara diimasak kembali dengan berbagai jenis masakan seperti dendeng, teri, ikan goreng, ayam goreng, bebek goreng, telur rebus, dan tempe goreng. Tindakan menambahkan cabe dan rempah dipercaya membuat makanan bertambah awet. Cabe yang lazim digunakan dalam pembuatan bumbu balado adalah cabe keriting merah, walaupun ada yang menggunakan cabe hijau untuk membuat bumbu balado, rasa yang dihasilkan juga tak kalah lezat dari pembuatan bumbu balado dengan menggunakan cabe merah. 

Naaah setelah mengupas tentang kandungan gizi pada telur puyuh dan pengertian tentang bumbu balado ? Tertarikkah sahabat witnifood untuk membuatnya ? Langsung saja yukk praktekkin di dapur tercinta sahabat witnifood. Berikut Resep Telur Puyuh Balado ala rumahan :

Resep Telur Puyuh Balado

Resep Telur Puyuh Balado
Resep Telur Puyuh Balado

Bahan-bahan :

  • 20 butir telur puyuh.
  • 5 butir pete.
  • 1 lembar daun jeruk.
  • 1 lembar daun salam.
  • 1 sdm gula merah.
  • bawang goreng.
  • Air secukupnya.

Bahan bumbu :

  • 10 buah cabe merah.
  • 5 buah cabai rawit.
  • 4 siung bawang merah.
  • 2 siung bawang putih.
  • Garam secukupnya.
  • Penyedap rasa secukupnya.
  • 2 butir kemiri.

Cara Membuat :

  • Langkah pertama adalah merebus telur puyuh di dalam air mendidih hingga matang, setelah matang kemudian kupas kulitnya hingga bersih. Kemudian sisihkan.
  • Selanjutnya potong kecil-kecil petenya.
  • Langkah berikutnya adalah siapkan wajan dan minyak goreng untuk menggoreng telur puyuhnya, jika sudah matang angkat dan sisihkan kembali.
  • Setelah itu ulek semua bahan bumbu sampai halus.
  • Siapkan wajan lagi dan minyak untuk menumis bumbunya.
  • Jika minyak sudah panas, tumis bumbu halus, kemudian masukkan daun salam dan daun jeruk, gula merah dan petenya. Tumis hingga harum, kemudian masukkan telur puyuhnya.
  • Aduk hingga semua bumbu tercampur rata, tuang sedikit air dan biarkan hingga bumbu surut dan meresap ke dalam telur puyuh.
  • Angkat dan sajikan.
Yeeeey Resep Telur Puyuh Balado sudah matang dan siap dihidangkan sebagai lauk nasi pada saat makan siang atau makan malam. Jangan lupa taburkan bawang goreng diatasnya agar rasa hidangan semakin gurih. Fungsi air yang dituangkan sedikit saat proses pemasakan adalah untuk menghancurkan bumbu yang menggumpal. Dan bagi yang suka terasi juga dapat ditambahkan dalam Resep Telur Puyuh Balado tersebut. Dan untuk Pete dapat di skip apabila sahabat witnifood kurang menyukainya. Namun fungsi pete juga untuk aroma saja, jadi dapat dingkirkan ketika akan disantap.

Sedikit berbicara mengenai pengguna'an kata balado dalam sebuah masakan yuk sahabat witnifood. Sebenarnya penggunaan kata Balado sendiri digunakan setelah kata benda, Misalnya Ikan Balado (Ikan+Cabe), Dendeng Balado (Dendeng+Cabe). Bukan Balado Dendeng maupun Balado Ikan ya sahabat witnifood. Penggunaan kata Balado sebelum kata benda merupakan penyalahgunaan bahasa sehingga menghilangkan arti sebenarnya dalam bahasa Aslinya Minangkabau.

Demikian Resep Telur Puyuh Balado ala chef rumahan yang pastinya lezat dan enak. Untuk tingkat kepedasan dapat sahabat witnifood tambahkan sendiri ya untuk volume cabenya. Berikutnya ada Jus Wortel Susu untuk kesehatan mata ni sahabat witnifood. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)

Post a Comment for "Resep Telur Puyuh Balado Bumbu Pedas"