Resep Membuat Otak-Otak Bakar Ikan Tengiri

Resep Membuat Otak-Otak Bakar - Berbicara mengenai ikan Tengiri memang selalu membuat kita membayangkan akan kelezatan bermacam-macam jenis makanan yang menggunakan bahan dasar Ikan Tengiri tersebut, contohnya Siomay, Pempek, Batagor, Otak-otak dan masih banyak lagi olahan lainnya. Yang pastinya jangan ragukan lagi soal rasanya. Memiliki rasa yang khas dan daging yang empuk membuat hasil laut yang satu ini banyak digemari oleh hampir semua orang. Ikan tengiri tersebut sudah sangat populer bagi lidah penikmatnya. 

Kemudian untuk olahan yang menggunakan bahan dasar Ikan Tengiri tadi salah satunya adalah Otak-otak yang sebentar lagi akan witnifood bahas.  Sudahkah sahabat witnifood mencoba makanan yang bernama otak-otak ? cara mengolah otak-otakpun beragam, ada yang digoreng dan ada juga yang diolah dengan cara dibakar. Rasanya sama saja, hanya saja otak-otak bakar akan memiliki rasa yang khas karena terdapat sedikit aroma gosong. 

Menurut berbagai sumber, otak-otak adalah salah satu makanan yang berasal dari Negri Jiran Malaysia, Singapura, dan negara kita sendiri, yakni Indonesia. Definisi otak-otak adalah yang biasa terbuat dari ikan tengiri dengan cara dibungkus daun pisang kemudian dipanggang. Di Malaysia, Muar terkenal dengan otak- otaknya. Di Indonesia sendiri otak-otak banyak dijumpai di beberapa daerah sekitar Jalur Pantura atau daerah pesisir. 

Otak-otak kini sudah bertebaran di setiap penjuru daerah, dan sudah banyak dijual di warung-warung makan dan kedai-kedai. Jika sahabat witnifood ingin mencoba Resep Membuat Otak-Otak Bakar Ikan Tengiri, jangan kemana-mana yaa sebentar lagi witnifood akan membagikan Resep Membuat Otak-Otak Bakar Ikan Tengiri, yang pastinya gurih, enak dan lezat.

Resep Membuat Otak-Otak Bakar

Resep Membuat Otak-Otak Bakar
Resep Membuat Otak-Otak Bakar

Bahan-bahan :

  • 150 gram daging ikan tenggiri
  • 50 ml santan.
  • 1 butir putih telur.
  • 1 siung bawang merah.
  • 1 siung bawang putih.
  • 1 sdm tepung sagu.
  • 1 sdt garam.
  • 1 sdt penyedap rasa.
  • 10 lembar daun pisang.

Cara Membuat :

  • Langkah pertama adalah masukkan semua bahan, beripa santan, bawang putih, bawang merah, putih telur, daging ikan tenggiri, tepung sagu, garam, gula dan penyedap rasa.
  • Kemudian Blender hingga halus.
  • Setelah itu tuang adonan ke atas daun pisang kurang lebih 2 sdm.
  • Lalu panggang di atas bara api. Sesekali dibalik agar matang merata.
Jika sudah matang angkat dan sajikan, sajikan Otak-otak bakar bersama sambal kacang agar lebih nikmat. Satu tips untuk sahabat witnifood, agar rasa lebih enak maka proses pencampuran semua bahan sebaiknya ditumbuk saja, akan tetapi jika sahabat witnifood menyukai hal yang praktis maka dapat menggunakan blender saja. Dan untuk proses pembakaran, jika tak ada bara api sahabat witnifood dapat menggunakan wajan anti lengket untuk proses pembakaran.

Demikian Resep Membuat Otak-Otak Bakar Ikan Tengiri yang witnifood bagikan, alternatif jika Ikan Tengiri sulit dijumpai, maka sahabat witnifood dapat menggantinya dengan daging ikan Tongkol, ikan ekor kuning atau ikan pipih ya sahabat witnifood. Hidangan ini sangat cocok sekali untuk menemani waktu santai sahabat witnifood dan keluarga. Jangan lupa juga untuk mencoba membuat Chicken Katsu ala rumahan, yang pasti rasa akan sama dengan Chicken Katsu di Hokben, xixixi. Selamat mencoba, semoga bermanfaat :) 

Post a Comment for "Resep Membuat Otak-Otak Bakar Ikan Tengiri"