Resep Ikan Kembung Bakar Gurih dan Lezat

Resep Ikan Kembung Bakar - Ikan bakar adalah salah satu hidangan yang menjadi favorit hampir setiap orang, selain rasa yang gurih, ikan yang dibakar juga tidak mengandung kolesterol karena proses pengolahannya tidak menggunakan minyak. Diantara banyaknya jenis ikan laut yang ada, ikan kembung adalah salah satu ikan yang sering menjadi pilihan untuk dijadikan ikan bakar. Yukkk mari kita bahas mengenai ikan kembung yang kaya akan kandungan gizi didalamnya. 

Kembung adalah nama sekelompok ikan laut yang tergolong ke dalam marga Rastrelliger, suku Scombridae. Meskipun bertubuh kecil, ikan ini masih sekerabat dengan tenggiri, tongkol, tuna, madidihang, dan makerel. Di beberapa daerah, ikan kembung tersebut disebut dengan nama yang berbeda, yakni di Ambon, ikan ini dikenal dengan nama lema atau tatare, di Makassar disebut banyar atau banyara. Dari sini didapat sebutan kembung banjar.

Kembung termasuk ikan pelagis kecil yang memiliki nilai ekonomis menengah, sehingga terhitung sebagai komoditas yang cukup penting bagi nelayan lokal. Kembung biasanya dijual segar atau diproses menjadi ikan pindang dan ikan asin yang lebih tahan lama. Ikan kembung yang masih kecil juga sering digunakan sebagai umpan hidup untuk memancing cakalang.

Ikan kembung merupakan salah satu jenis ikan yang populer bagi masyarakat, karena ikan kembung dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Ikan kembung yang memiliki rasa khas dan lezat ini dapat diolah dengan cara di panggang, di kukus, ikan pindang, ikan asin, maupun bentuk olehan lainna. Ikan kembung ini kaya akan asam lemak omega 3 yang sangat penting untuk mempertahankan fungsi normal organ tubuh manusia. 

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dipakai pada saat memilih ikan ya sahabat witnifood, diantaranya :
  1. Pastikan aroma ikan masih berbau segar dan tidak berbau busuk.
  2. Periksa insangnya, ikan yang segar insangnya berwarna merah terang.
  3. Lihat matanya, ikan yang segar matanya masih cembung berlendir tidak cekung.
  4. Tekan badannya, kalau kenyal berarti ikan masih segar tetapi kalau ditekan hancur berarti ikannya sudah lama.
Agar tak penasaran dengan rasanya, sebaiknya langsung saja sahabat witnifood membuat Resep Ikan Kembung Bakar sendiri dirumah yukkk :)

Resep Ikan Kembung Bakar

Resep Ikan Kembung Bakar
Resep Ikan Kembung Bakar

Bahan-bahan :

  • 3 ekor Ikan kembung.
  • 1 sdm Air Jeruk nipis.
  • 1/2 gelas santan.
  • 1/2 sdt garam.

Bumbu halus :

  • 3 siung bawang putih.
  • 5 siung bawang merah.
  • 7 buah cabai merah.
  • 1 tangkai serai, dimemarkan dulu.
  • 1/4 sdt merica bubuk.
  • 1/8 sdt pala bubuk.
  • 1/2 sdt garam.

Cara Membuat : 

  • Langkah pertama, rendam ikan dalam air jeruk nipis dan garam lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Kemudian masaklah bumbu halus dan santan sampai kental. Rendam ikan di dalamnya selama 30 menit.
  • Terakhir Bakar ikan sambil sesekali diolesi kuah santan, biarkan sampai matang, angkat, selesai.
Untuk Resep Ikan Kembung Bakar juga ada beberapa tips agar proses pembakaran dapat mendapatkan hasil yang memuaskan :
  1. Hindari menggunakan mentega sebagai bahan olesan. Sebab mentega dapat mempengaruhi rasa.
  2. Disarankan menggunakan bawang goreng yang dicincang halus lalu dicampur dengan minyak goreng panas. Campuran ini tidak akan mempengaruhi rasa, justru pas dibakar akan lebih harum.
  3. Supaya tidak gosong, ikan sebaiknya dilapisi dengan daun pisang. Daun pisang juga akan memberikan aroma pada ikan yang dibakar dan juga bisa menahan panas.
  4. Sebagai alternatif kalau tidak ada daun pisang adalah tidak membersihkan sisik ikan. Sisik ikan juga bisa menahan panas dan menghindari ikan dari kegosongan. Kalau akan dimakan, baru deh sisiknya dibuang :)
Demikian Resep Ikan Kembung Bakar Gurih dan Lezat dan beberapa tipsnya. Sajikan Ikan kembung bakar ini dengan ditemani Sambal Mangga Muda agar sensasi pada saat disantap akan lebih terasa. Ikan bakar yang gurih, serta sambal mangga muda yang pedas dan asem. Selamat mencoba :)

Post a Comment for "Resep Ikan Kembung Bakar Gurih dan Lezat "