Resep Cumi Panggang Saus Teriyaki

Resep Cumi Panggang - Hewan yang satu ini adalah salah satu hewan yang mempunyai bentuk yang unik. Sering mengeluarkan tinta, tetapi bukan bolpen, mempunyai kaki banyak namun bukan kaki seribu ya sahabat wutnifood, hihi. Yang suka sama cumi-cumi ngacung yaaaa. Dan olahan cumi favorit sahabat witnifood apa sih ? Mari kita bahas mengenai cumi-cumi terlebih dahulu.

Cumi-cumi adalah kelompok hewan cephalopoda besar atau jenis moluska yang hidup di laut. Nama tersebut "Cephalopoda" dalam bahasa Yunani berarti "kaki kepala", wahhh kok bisa ya disebut kaki kepala? iyaaa, hal ini karena kakinya yang terpisah menjadi sejumlah tangan yang melingkari kepala. Seperti semua cephalopoda, cumi-cumi dipisahkan dengan memiliki kepala yang berbeda. Akson besar cumi-cumi ini memiliki diameter 1 mm. Cumi-cumi banyak digunakan sebagai bahan makanan.

Cumi-cumi adalah salah satu hewan dalam golongan invertebrata (tidak bertulang belakang). Salah satu jenis cumi-cumi laut adalah yang memiliki kemampuan memancarkan cahaya. Organ yang mengeluarkan cahaya itu terletak pada ujung suatu juluran panjang yang menonjol di depan. Hal ini dikarenakan peristiwa luminasi yang terjadi pada cumi-cumi jenis ini. Heteroteuthis menyemprotkan sejumlah besar cairan bercahaya apabila dirinya merasa terganggu, proses ini sama seperti pada halnya cumi-cumi biasa yang menyemprotkan tinta. Bisa dibilang cumi-cumi melindungi dirinya dari musuh dengan cara menyemprotkan tinta tersebut.

Setelah berkenalan dengan hewan laut yang unik ini, bagaimana jika kita membahas resep yang pastinya dapat memanjakan perut kita sahabat witnifood. Cumi-cumi terkenal akan tekstur daging yang sangat khas. Berbagai olahan cumi kian menarik para pecinta kuliner untuk menyantap hidangan yang berbahan dasar cumi-cumi tersebut. Olahan cumi yang kerap dijumpai diantaranya, Cumi panggang, cumi tepung, cumi cabe ijo dan masih banyak lagi olahan cumi-cumi.

Dan yang pastinya, cumi-cumi kaya akan kandungan nilai gizi yang bermanfaat bagi tubuh kita ya sahabat witnifood. Jika sahabat witnifood ingin mencoba Resep Cumi Panggang sendiri dirumah, witnifood punya Resep Cumi Panggang Saus Teriyaki nih. Disimak ya sahabat witnifood :
Resep Cumi Panggang
Resep Cumi Panggang

Bahan-bahan :

  • 250 gram cumi segar.

Bahan Bumbu Rendaman :

  • 1 ruas jahe yang diparut.
  • 1/4 sdt garam.

Bahan Saus Teriyaki :

  • 2 sdt kecap asin.
  • 2 sdt gula merah cair.
  • 1/2 sdt tepung maizena.
  • 1 sdt kecap manis.
  • Penyedap rasa.

Cara Membuat :

  • Langkah pertama, bersihkan cumi-cumi terlebih dahuku dengan cara menarik kepala dari tubuhnya.
  • Kemudian potong bagian mata hingga kepala, sisakan bagian tentakelnya.
  • Selanjutnya buang tulang bening di dalam dan juga isi perutnya.
  • Kelupas kulit cumi yang berwarna ungu transparan sehingga cumi berwarna putih bersih.
  • Kemudian bilas cumi di air yang mengalir hingga bersih.
  • Langkah selanjutnya, baluri cumi-cumi dengan jahe dan garam, biarkan selama 15 menit. Didihkan 750ml hingga 1 liter air di panci (jumlah air diperkirakan bisa merendam semua cumi).
  • Masukkan cumi saat mendidih dan masak selama 10 hingga 15 detik. Segera angkat dan letakkan di wadah dengan es batu agar tidak terlalu matang.
  • Selanjutnya buat irisan-irisan di dinding cumi dengan jarak agak lebar agar tidak putus. Siakan wajan, masukkan semua bahan saus teriyaki, kecuali tepung maizena. Didihkan dengan api kecil sambil diaduk terus. Saat terakhir, masukkan larutan tepung maizena, aduk-aduk dan angkat dari api.
  • Setelah itu campurkan cumi-cumi ke dalam saus teriyaki, kemudian masukkan ke wajan anti lengket.
  • Panggang si atas api sedang. Sesekali bolak balik agar tingkat kematangan merata.
  • Sirami dengan saus teriyaki lagi, dan panggang lagi selama lima menit atau hingga kematangan yang Anda inginkan.
Naaaah mudah kan Resep Cumi Panggang Saus Teriyaki yang sangat cocok menjadi lauk ketika sahabat witnifood bersantap. Sajikan selagi hangat dengan tambahan lalapn serta sambal agar makan sahabat witnifood lebih berselera. Jangan lupa juga untuk membuat hidangan pendamping lain seperti Ikan Kembung Bakar yang dapat juga disantap dengan lalapan dan sambal tadi sahabat witnifood.

Tahukan sahabat witnifood seperti apa buah kiwi tersebut ? Dan sudah tahukah apa manfaat buah kiwi? ternyata buah kiwi juga dapat menjadi bahan untuk mengempukkan daging cumi loh sahabat witnifood. Berikut langkah-langkahnya :
  1. Haluskan buah kiwi hingga berbentuk pasta.
  2. Cuci bersih cumi-cumi yang akan sahabat witnifood masak.
  3. Balurkan pasta kiwi pada seluruh bagian cumi-cumi hingga rata.
  4. Diamkan selama minimal 30 menit, lalu bilas cumi-cumi dengan air bersih.
Naaaah cara yang aman dan alami, yang pastinya olahan cumi akan terasa lebih lezat. Selamat mencoba, semoga bermanfaat :)

Post a Comment for "Resep Cumi Panggang Saus Teriyaki"