Resep Sambal Tlenjeng Ala Witnifood

Resep Sambal Tlenjeng - Bagi para pecinta pedas, kehadiran sambal adalah salah satu cara agar kenikmatan saat bersantap lebih terasa. Saat bersantap nasi, ayam goreng, sop serta makanan lainnya pasti akan terasa kurang tanpa adanya sambal tersebut. Sambal adalah saus dengan olahan yang menggunakan bahan utama cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan sari cabe yang berasa pedas dan ditambah bahan-bahan lain seperti garam, gula, tomat dan terasi. Atau bahan-bahan lain sesuai selera. Cara membuat sambalpun bervariatif, ada yang denga cara diulek maupun di blender. Ada yang bahannya dibakar, ada yang bahannya digoreng, ada yang bahannya mentah dan ada juga yang bahannya direbus.

Di Indonesia, nama sambal sangat beragam. Mulai dari sambel trasi, sambal tomat, sambal bajak, sambal matah, sambal jamur dan masih banyak lagi lainnya. Naaaah bagaimana dengan sambal tlenjeng ? Tahukah sahabat witnifood apa sambal tlenjeng tersebut ? Mari kita bahas. Kebetulan barusan witnifood abis bikin Resep Sambal Tlenjeng buat nemenin bakmi untuk makan malem malam ini nih sahabat witnifood, jangan kemana-mana yaaa :)

Asal usul terciptanya nama sambal tersebut juga belum begitu jelas, hanya saja dari kecil witnifood sudah dikenalkan dengan sambal tlenjeng tersebut oleh orangtua dan tetangga setempat. Dan hampir semua orang belum tau apa sambal tlenjeng itu. Mungkin saja sambal yang dibuat sama, hanya saja namanya berbeda. Sambal tlenjeng adalah sambal yang menggunakan cabe rawit yang sangat pedas, kemudian bahan-bahanya direbus terlenih dahulu. Bumbu yang diperlukan dalam Resep Sambal Tlenjeng adalah cabe rawit, bawang merah, bawang putih, garam dan penyedap rasa.

Sambal tlenjeng merupakan sambal yang terbilang sangat sederhana, karena tidak terlalu membutuhkan banyak bahan. Namun soal rasa jangan ragukan lagiii, lezat walaupun sederhana. Rasa pedas yang timbul juga akan meledak di mulut, nyammmiiiii. Buat sahabat witnifood yang penasaran, mending langsung saja yuk mencoba Resep Sambal Tlenjeng ala Witnifood :)

Resep Sambal Tlenjeng

Resep Sambal Tlenjeng
Resep Sambal Tlenjeng

Bahan-bahan :

  • 20 buah cabe rawit.
  • 4 siung bawang merah.
  • 1 siung bawang putih.
  • Garam secukupnya.
  • Penyedap rasa secukupnya.

Cara Membuat :

  • Langkah pertama adalah siapkan panci kecil atau wajan kecil kemudian isi air bening.
  • Selanjutnya masak air hingga mendidih.
  • Kemudian masukkan cabe rawit, bawang merah dan bawang putih.
  • Setelah cabe terlihat layu, angkat dan tiriskan.
  • Selanjutnya siapkan layah, lalu masukkan semua bahan kemudian ulek hingg halus.
  • Jangan lupa tambahkan penyedap rasa secukupnya.
Sajikan sambal tlenjeng dengan sajian apa saja karena sambal tlenjeng adalah sambal sederhana dan sangat tidak akan mengubah selera pada hidangan sahabat witnifood. Dan untuk proses pengulekan, sahabat witnifood dapat memblendernya yaaaa.

Kemudian untuk bumbu, sahabat witnifood juga dapat menambahkan gula jika memang sahabat witnifood menyukai rasa manis, dan untuk penyedap rasa juga dapat di skip. Untuk tingkat kepedasan juga dapat sahabat witnifood ubah sendiri sesuai selera, sahabat witnifood dapat menambah atau mengurangi volume cabe pada resep diatas.

Demikian Resep Sambal Tlenjeng ala chef witniii, semoga beramanfaat yaaaa :) jangan kemana-mana ya sahabat witnifood, tetap stay di witnifood.blogspot.com untuk tetap menyimak resep-resep lainnya. Next ada resep kue nih sahabat witnifood. Bolu Gulung Pandan Kismis, selamat mencoba :)

Post a Comment for "Resep Sambal Tlenjeng Ala Witnifood"