Resep Membuat Kue Cenil Kenyal Dan Lembut

Resep Membuat Kue Cenil - Hai sahabat witnifood, yang doyan ngemil ngacung yaaaa, dan untuk sahabat witnifood yang doyan ngemil tapi menghindari cemilan yang cepat mengenyangkan, ada beberapa macam cemilanyang dapat kita jumpai di pasar atau kedai-kedai terdekat. Sahabat witnifood dapat mengkonsumsi pisang crispy, kue lapis, tahu aci dan masih banyak lagi kue kering dan cemilan sehat yang pastinya tidak begitu mengenyangkan akan tetapi tidak membuat perut lebih cepat lapar lagi.

Cenil adalah salah satu alternatif cemilan yang tidak terlalu membuat kenyang ya sahabat witnifood, dan juga tidak membuat cepat lapar kembali. Seperti yang sudah witnifood jelaskan tadi, hihi. Naaaaah sudah tahukah sahabat witnifood apa itu cenil ? hihi yang penasaran langsung saja yukkk kita ulas apa itu cenil ?

Cenil adalah salah satu jajan pasar yang sangat merakyat di pulau Jawa khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di mana ada pasar tradisional hampir pasti ada ibu penjual cenil. Di kampung halaman saya, biasanya cenil dijual dengan harga 1000-5000 rupiah tergantung ukuran dan porsi tentunya. Resep Membuat Kue Cenil yang saya tahu dan sering saya santap sejak kecil umumnya berbahan dasar tepung tapioka atau sagu tani. Tidak mengherankan karena tepung ini mudah didapat dan harganya relatif murah sehingga lebih mendatangkan keuntungan.

Naaah mendengar nama yang lucu pasti sahabat witnifood yang mungkin tinggal di luar pulau jawa mungkin masih lumayan asing dengan kue tersebut kan ? Makanya jangan kemana-mana ya sebentar lagi witnifood akan membagikan Resep Membuat Kue Cenil Pelangi yang tampilannya pasti akan menggugah selera sahabat witnifood.

Resep Membuat Kue Cenil

Resep Membuat Kue Cenil
Resep Membuat Kue Cenil

Bahan-bahan :

  • 250 gram tepung kanji.
  • 100 gram tepung sagu.
  • 100 cc air mendidih.
  • 1/4 butir kelapa parut.
  • 1/4 sdt garam.
  • 3 sdm gula pasir.
  • Pewarna merah.
  • Pewarna hijau.

Cara Membuat :

  • Langkah pertama adalah membuat adonan cenil dengan cara mencampurkan tepung kanji dan tepung sagu kemudian tuang air secukupnya hingga adonan mudah dibentuk.
  • Bagi adonan menjadi 2 bagian kemduian masing-masing beri pewarna makanan merah dan hijau.
  • Selanjutnya siapkan air kemudian didihkan. Rebus adonan yang sudah dibentuk sampai mengapung dan matang. Gulingkan dalam kelapa parut yang sudah dikukus dengan garam.
Hidangkan kue cenil dengan ditaburi gula pasir atau gula merah yang dicairkan. Sajikan di tengah-tengah keluarga jika sedang berkumpul. Dijamin deh orang dirumah menyukainya. Dan jika sahabat witnifood menginginkan tampilan kue cenil yang lebih rame lagi, sahabat witnifood dapat memberikan pewarna makanan lain ke dalam sebagian adonan.

Naaah mudah kan Resep Membuat Kue Cenil sederhana yang kenyal dan lembut. Jangan lupa juga nih sahabat witnifood, untuk mencoba Resep Sambal favorit keluarga witnifood dirumah. Sambal Tlenjeng yang pedasnya mantap dan pastinya menggoyang lidah sahabat witnifood. Selamat mencoba :)

Post a Comment for "Resep Membuat Kue Cenil Kenyal Dan Lembut"