Resep Ikan Nila Bakar Saus Madu

Resep Ikan Nila Bakar - Ketika malam datang enaknya barbeque nih sahabat witnifood. Entah itu daging ayam, beef, cumi, udang, ataupun ikan air tawar sekalipun. Bukan hanya yang witnifood sebutkan tadi. Karena ada bahan lain yang dapat dibakar juga, seperti sate. Kemudian untuk oalahan bakar/panggang sendiri ada beberapa macam, yakni dengan olesan saus, kecap bahkan madu. Yang pasti rasanya sama-sama enak. Naaaah kali ini witnifood akan mengulas tentang Ikan bakar menggunakan bahan dasar ikan nila. 

Ikan nila adalah sejenis ikan konsumsi air tawar. Ikan ini diintroduksi dari Afrika, tepatnya Afrika bagian timur, pada tahun 1969, dan kini menjadi ikan peliharaan yang populer di kolam-kolam air tawar di Indonesia sekaligus hama di setiap sungai dan danau Indonesia. Nama ilmiahnya adalah Oreochromis niloticus, dan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Nile Tilapia.

Adapun beberapa tips agar sahabat witnifood sukses dalam Resep Ikan Nila Bakar dengan bumbu saus madu,
  1. Yang pertama adalah, masak dengan cepat. Aturan pertama yang harus diingat adalah memasak ikan harus cepat. Tips ini bertujuan mempertahankan rasa dan juicy di dalam daging ikan yang sedang dibakar.
  2. Kedua, tempatkan dengan benar. Ikan tidak ditaruh di bagian tengah panggangan, melainkan sedikit ke bagian tepi.
  3. Ketiga, beri minyak zaitun. Lumuri ikan dengan sedikit minyak zaitun sebelum dibakar. Olesi secara keseluruhan agar ikan tidak lengket.
  4. Keempat, hati-hati membaliknya. Karena ikan punya tekstur lembut, sahabat witnifood wajib berhati-hati saat memanggangnya, khususnya saat membalikkan badannya.
  5. Kelima, gunakan garpu. Saat akan merasakan ikan sudah matang atau belum, sahabat witnifood bisa memakai garpu untuk mencungkil dagingnya. Pemakaian garpu bisa dilakukan untuk daging ikan yang tebal.
  6. Keenam, beri perasan jeruk lemon. Untuk menambah rasa, beri perasan jeruk nipis atau olesi mentega sedikit saja. Ini akan membuat daging ikan tetap juicy ketika dibakar.
  7. Ketujuh, yaitu rendam. Jika ingin mendapatkan hasil bakaran ikan yang enak, rendam ikan selama satu atau dua jam. Cara ini akan menghasilkan rasa ikan yang enak ketika disantap.
  8. Kedelapan, panaskan panggangan. Sebelum memanggang ikan, ada satu hal lain yang wajib dilakukan, yakni memanaskan panggangan. Cukup panaskan selama 10 menit sebelum meletakkan ikan di atasnya.
  9. Kemudian yang terakhir adalah waktu memanggang. Waktu memanggang ikan bervariasi, tergantung pada ketebalannya. Biasanya, ikan cukup dibakar selama lima menit.
  10. Naaaahh penjelasan diatas adalah beberapa tips agar Resep Ikan Nila Bakar sukses dan tidak mengecewakan.
Daripada penasaran dengan rasa Ikan Nila Bakar Saus Madu yang gurih dan legit, mending langsung saja yuks dicoba Resep Ikan Nila Bakar nya. Mudah-mudahan di dapur adan bumbu-bumbunya yaaa. Hehe. Berikut Resep Ikan Nila Bakar saus Madu.

Resep Ikan Nila Bakar Dengan Bumbu Saus Madu

Resep Ikan Nila Bakar
Resep Ikan Nila Bakar

Bahan-bahan :

  • 2 ekor ikan nila ukuran sedang.
  • 1 buah Jeruk nipis.
  • Kecap manis secukupnya.
  • Mentega secukupnya.

Bahan bumbu : 

  • 6 sdm madu asli.
  • 5 siung bawang merah.
  • 2 siung bawang putih.
  • Ketumbar secukupnya.
  • Merica bubuk secukupnya.
  • 2 lembar daun jeruk.
  • Garam secukupnya.
  • Lengkuas.
  • 4 butir biji kemiri.

Cara membuat : 

  • Langkah pertama adalah haluskanlah bumbu halus ikan bakar madu yaitu bawang merah dan putih, ketumbar, kemiri, lengkuas, dan juga daun jeruk. 
  • Kemudian tambahkan dengan meirca bubuk dan juga garam.
  • Bumbu yang halus tersebut kemudian dicampur dengan madu dan juga minyak.
  • Panaskan mentega di wajan dan selanjutnya, tumislah bumbu halus dengan api sedang sampai wangi. Jangan lupa masukkan kecap manis sesuai selera. Angkat.
  • Selanjutnya, lumuri ikan dengan jeruk nipis dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, lumuri kembali dengan bumbu yang telah ditumis tadi. Diamkan kurang lebih 30 menit.
  • Panaskan tungku untuk membakar ikan. Setelah ikan dioles, bakarlah sambil sesekali dibalik agar kematangnya merata. Sambil dibolak balik, jangan lupa terus mengoleskan bumbu pada ikan.
  • Setelah matang, ikan bakar madu siap disajikan.
Ikan nila bakar saus madu siap disantap dengan nasi putih hangat. Jangan lupa sajikan dengan sambal terasi, sambal tomat maupun sambal bajak. Menu tambahan juga dapat sahabat witnifood tambahkan Sambal Belut yang lezat dan gurih.

Mudah bukan Resep Ikan Nila Bakar saus madu? Kemudian hal yang menyebalkan saat memanggang ikan adalah daging ikan menempel pada alat pembakaran. Alhasil, teksturnya jadi berantakan. Jadi sahabat witnifood harus memperhatikan tips diatas agar hasilnya tidak mengecewakan yaaa.

Ikan nila dan mujair merupakan sumber protein hewani murah bagi konsumsi manusia. Karena budidayanya mudah, harga jualnya juga rendah. Budidaya dilakukan di kolam-kolam atau tangki pembesaran. Pada budidaya intensif, nila dan mujair tidak dianjurkan dicampur dengan ikan lain karena memiliki perilaku agresif.

Nilai kurang bagi ikan ini sebagai bahan konsumsi adalah kandungan asam lemak omega-6 yang tinggi sementara asam lemak omega-3 yang rendah. Komposisi ini kurang baik bagi mereka yang memiliki penyakit yang berkait dengan peredaran darah.

Naaah berarti dapat disimpulkan jika ikan nila ada sisi baik dan sisi buruk juga namun bagi hal tertentu. Yaitu tadi karena kandungan omega 6 yang tinggi dan omega 3 yang rendah. Demikian Resep Ikan Nila Bakar saus madu. Semoga acara barbequenya sukses ya sahabat witnifood :)

Post a Comment for "Resep Ikan Nila Bakar Saus Madu"