Resep Kue Cucur Legit Gula Merah

Resep Kue Cucur - Kalau berkunjung ke pasar untuk membeli kebutuhan dapur biasanya mampir ke bakul kaleman ya sahabat witnifood. Hayooooo yang tahu kaleman ngacung yaaaaa, hihi. Tapi kasian juga sahabat witnifood yang belum tahu. Kaleman adalah makanan atau kue basah yang dijual di pasar-pasar. Seperti onde-onde, pukis, kue lapis, kue cucur, kue klepon. Dan masih banyak lagi kue kaleman lainnya. Dan kue kaleman ini cocok sekali untuk dibawa berkunjung dan dijadikan buah tangan. Soalnya hampir semua orang menyukai jenis jajanan kaleman itu.

Dan kali ini witnifood akan bercerita sedikit tentang kue cucur. Kue Cucur adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, tetapi khusus di daerah Jakarta (Betawi) makanan ini termasuk makanan adat artinya pada upacara-upacara adat budaya Betawi, cucur wajib dihidangkan. Rasanya manis, gurih, empuk di tengah dan renyah di bagian pinggirnya. Cara membuat kue ini cukup di goreng.

Kini kue cucur juga sudah dimodifikasi dengan rasa baru, dan bukan hanya rasa gula merah seperti kue cucur pada umumnya. Yakni dengan mengganti dengan inovasi baru seperti rasa pandan, strawberry dan rasa lainnya. Yang pasti bahan dan proses pembuatannya masih sama seperti membuat kue cucur pada umumnya.

Tekstur bagian pinggir  pada kue cucur sungguh memukau berupa lubang-lubang kecil di permukaannya, dan jika kue disobek, pada penampangnya tampaklah tekstur serat bagai jeruji-jeruji halus, membuat kagum setiap orang yang melihatnya. Pembuatan kue cucur dikatakan sukar juga tidak, dikatakan mudah juga tidak. Asal tahu triknya, kita dapat membuat sendiri cucur yang berserat tersebut.

Adapun Resep Kue Cucur yang mudah disimak dan mudah dipahami. Resep Kue Cucur ini tertuju untuk sahabat witnifood yang ingin mencoba Resep Kue Cucur sendiri dirumah. Apalagi jika akan ada acara-acara tertentu dirumah. Berikut Resep Kue Cucur Gula Merah yang legit dan gurih.

Resep Kue Cucur Gula Merah

Resep Kue Cucur
Resep Kue Cucur

Bahan-bahan :

  • Tepung beras.
  • Tepung terigu protein sedang.
  • Gula merah.
  • 2 lembar daun pandan.
  • 1/4 sendok teh garam.
  • Air secukupnya.

Cara Membuat :

  • Langkah pertama adalah didihkan air, daun pandan dan gula merah hingga gula larut dan mendidih. Kemudian saring dan diamkan sampai hangat.
  • Kemudian campurkan tepung beras, garam dan tepung terigu. Kemudian kita tuang larutan gula merah sedikit demi sedikit sambil terus diuleni.
  • Setelah adonan kue cucur agak mengental, keplok keplok (pukul pukul) selama kurang lebih 30 menit sambil diberi larutan gula merah sedikit hingga habis.
  • Setelah itu kita diamkan adonan cucur selama kurang lebih 40 menit.
  • Kita panaskan minyak goreng sebanyak 4 sendok makan kedalam cetakan kue cucur yaitu wajan cekung kecil.
  • Tuang adonan cucur dalam cetakan kemudian siram siram dengan minyak panas sampai kue cucur mengembang dan berserat.
  • Tusuk bagian tengah dari kue cucur dengan tusukan gigi. Lakukan sambil diputar putar agar bagian mentah pada kue cucur ikut matang. 
  • Saatnya kita balik kue cucur sebentar dan angkat.
Kue cucur sudah jadi sahabat witnifood. Sajikan selagi hangat ya sahabat witnifood. Kue lain yang dapat sahabat witnifood coba adalah Kue Garpu. Akan tetapi kue garpu ini lebih ke kue kering walaupun caranya juga sama saja digoreng dengan minyak. Bukan dipanggang atau dikukus.

Adapun beberapa trik agar Resep Kue Cucur berhasil. Yakni,
  1. Kunci supaya kue cucur berserat pada pengadukan adonan
  2. dengan cara pengeplokannya jangan kurang dari 15 menit. Karena semakin lama pengeplokannya maka semakin
  3. bagus serat yang dihasilkan.
  4. Adonan yang sudah jadi bisa langsung dicetak dengan mengunakan wajan besi hitam dan berat agar hasilnya lebih baik, karena panas yang dihasilkan stabil
  5. Minyak goreng tidak boleh terlalu panas atau terlalu dingin supaya rongga yang terbentuk bisa sempurna.
  6. Saat menggoreng, adonan harus sering dikeplok supaya campurannya tetap baik.
Kiat agar kue cucur dapat dikonsumsi di hari berikutnya adalah, karena umumnya kue cucur memilik daya simpan yang relatif singkat. Kue cucur yang telah matang sebaiknya jangan dibiarkan dalam wadah terbuka, simpan kue cucur dalam wadah tertutup rapat. Dengan begitu kulit kue cucur tidak mudah kering. Selamat mencoba sahabat witnifood :)

Post a Comment for "Resep Kue Cucur Legit Gula Merah"