Resep Membuat Bolu Gulung Pandan Kismis

Resep Membuat Bolu Gulung - Beraneka ragam macam olahan yang dijadikan cemilan atau sekedar pengisi perut kini kerap hadir di berbagai kedai, contoh saja cup cake dan masih banyak lainnya. Cake adalah kue yang berbahan dasar tepung, umumnya tepung terigu kemduian ditambah gula, dan telur. Kue cake atau yang lebih kita kenal dengan nama bolu ini pada umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven, walaupun ada juga bolu yang dikukus, misalnya: bolu kukus atau brownies kukus. 

Kemudian untuk Cake yang dihias dengan lapisan (icing) dari krim mentega (buttercream), fondant, atau marzipan disebut kue tart (kue tarcis). Cake berhias (kue tart) atau tanpa hiasan digunakan sebagai makanan penutup atau hidangan istimewa pada resepsi pernikahan atau pesta ulang tahun. Dalam resepsi pernikahan ala Barat dan pesta ulang tahun, upacara pemotongan kue tart merupakan salah satu acara. Di Indonesia, nasi tumpeng sering menggantikan peran cake sebagai makanan istimewa dalam berbagai upacara peringatan. Acara pemotongan kue juga sering digantikan acara pemotongan tumpeng.

Kemudian kue bolu yang digulung dan berisi krim mentega atau selai disebut bolu gulung. Naaah Resep Membuat Bolu Gulung isi kismis, inilah yang akan kita kupas ya sahabat witnifood, sebelum mengupas lebih ada baiknya jika kita sedikit menyelidiki tentang apa sih kismis itu ?

Kismis adalah buah anggur yang dikeringkan dan dapat dimakan langsung atau digunakan dalam masakan. Kismis sangat manis karena memiliki konsentrasi gula yang tinggi, dan jika disimpan lama, gula tersebut akan terkristalisasi di dalamnya. Proses ini dapat menyebabkan kismis menjadi kasar, walaupun tidak berpengaruh bagi penggunaannya. Zabib, yang berasal dari bahasa Arab untuk menyebut kismis, merupakan buah kismis yang kering. Sementara nama kismis dalam bahasa Indonesia berasal dari kata "kishmish" di bahasa Hindi, Urdu, dan Persia.

Lanjut ke Resep Membuat Bolu Gulu Pandan isi Kismis yuk sahabat witnifood, makanan yang manis adalah favorit semua kalangan, baik anak-anak maupun dewasa, apalagi dengan bolu yang berisi kismis yang sedikit rasa asam di dalamnya. Langsung aja yuk kita bikin bolu gulung isi kismisnya. Berikut Resep Membuat Bolu Gulung isi Kismis.

Resep Membuat Bolu Gulung

Resep Membuat Bolu Gulung
Resep Membuat Bolu Gulung

Bahan-bahan :

  • 150 gram margarin.
  • 125 gram gula pasir halus. 
  • 3 butir telur.
  • 130 gram tepung terigu protein.
  • 25 lembar daun suji.
  • 2 lembar daun pandan.
  • 3 tetes pewarna hijau.

Bahan Isian :

  • 25 gram kismis, potong 2 bagian.
  • 50 gram cokelat masak putih.

Cara Membuat :

  • Langkah pertama adalah kocok margarin dan gula pasir halus hingga tercampur rata dan lembut. 
  • Kemudian masukkan telur satu per satu sambil dikocok rata bergantian dengan sebagian tepung.
  • Masukkan sisa tepung terigu bergantian dengan air pandan suji, esens pandan, dan pewarna hijau sambil dikocok perlahan.
  • Selanjutnya tuang di loyang yang dioles margarin dan dialas kertas roti.
  • Kemudian siapkan Oven dan panggang kurang lebih 30 menit dengan suhu 180 derajat Celsius. 
Cara Penyajian :
Ambil cake yang telah dipanggang, kemudian olesi dengan coklat putih, kemudian tabuti kismis dan gulung hingga coklat menempel dan bila perlu bungus dengan kertas atau aluminium agar bolu tidak lepas dari gulunngan.

Resep Membuat Bolu Gulung di atas menghasilkan kurang lebih 10 buah bolu gulung pandan kismis. Sajikan bolu gulung tersebut dengan segelas susu atau jus. Dijamin deh waktu bersantai sahabat witnifood semakin yahuddd. Selanjutnya ada resep Sayur Asem nih sahabat witnifood, jangan lupa dicoba yaaa :)

Post a Comment for "Resep Membuat Bolu Gulung Pandan Kismis"