Resep Es Doger Segar Dengan Topping Buah

Resep Es Doger Segar - Kini di Indonesia sedang dilanda musim kemarau yang berkepanjangan. Teriknya matahari kadang membuat kita kualahan untuk mengatasi dahaga. Jika dahaga datang rasanya ingin sekali meneguk minuman dingin dan segar sebagai penyejuk. Es doger salah satunya. Es doger adalah es yang menggunakan kelapa muda dan tampilannya hampir mirip dengan es teller karena warnanya yang menarik. Sudah tahukah sahabat witnifood seperti apa rasa dan tampilan es Doger yang akan witnifood bahas kali ini?

Biasanya es doger dijual di pedagang kaki lima dan belum begitu banyak yang memasuki restoran-restoran besar. Untuk dapat menikmati satu porsi es doger, sahabat witnifood hanya butuh merogoh kocek kurang lebih 5.000 rupiah. Yang belum begitu tahu tentang es doger. Disimak yuks ulasannya.

Es doger adalah salah satu susu kelapa muda dingin yang sering ditemui di Bandung, Jawa Barat. Walaupun es doger berasal dari Cirebon, es doger juga bisa ditemui di hampir seluruh penjuru kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Malang, Purwokerto, Surabaya dan wilayah lainnya. Selain rasanya yang enak, es doger juga enak diminum di tempat-tempat yang panas. Es doger juga enak jika diminum setelah melakukan olahraga. Es doger berbahan dasar susu dan parutan kelapa, ditambah dengan tape, ketan hitam, alpukat, dan bahan lain.

Bagi pecinta minuman segar dan dingin seperti es, rasanya kurang mantap jika melahap makanan tanpa diakhiri dengan menu penutup seperti es tersebut. Dan tentunya, es doger sangat digemari anak-anak karena warnanya yang menarik. Membuat es doger juga tidak terlalu repot karena hanya butuh beberapa menit saja dan tidak terlalu menyita waktu yang lama.

Kini sahabat witnifood tak perlu khawatir karena witnifood akan membagikan Resep Es Doger Segar dan sahabat witnifood dapat mencobanya dirumah. Bahan-bahan yang diperluka juga sederhana dan mungkin sudah tersedia di dapur maupun kulkas sahabat witnifood. Berikut Resep Es Doger Segar.

Resep Es Doger Segar

Resep Es Doger Segar
Resep Es Doger Segar

Bahan-bahan :

  • Es serut.
  • Pacar cina.
  • Ketan hitam.
  • Tape Singkong.
  • Susu kental manis.
  • Buah Nangka.

Bahan Saus :

  • Gula pasir.
  • Santan.
  • Sedikit garam.
  • Syrup rasa straweberry.

Cara Membuat :

  • Langkah pertama adalah buatlah saus dengan cara merebus semua bahan untuk membuat saus menggunakan api kecil.
  • Kemudian masukkan syrup ke dalam es serut sedikit demi sedikit kemudian aduklah hingga rata, dan bekukan dalam freezer.
  • Selanjutnya ambillah mangkuk untuk menata kelapa muda, sagu mutiara, ketan hitam, tape singkong, dan buah nangka.
  • Tuangkan susu kental manis di atas bahan dan ratakan.
  • Kemudian tambahkan es serut di atasnta dan siap untuk disajikan.
Sajikan es doger di sela-sela waktu santai sahabat witnifood dan keluarga. Yang pastinya cocok seklai dihidangkan pada saat musim panas seperti sekarang ini. Kemudian dalam Resep Es Doger Segar juga dapat ditambahakan inovasi baru seperti tambahn buak alpukat dan buah-buahan yang lain tentunya sesua selera.

Resep es doger yang telah sahabat witnifood simak di atas, sangatlah mudah bukan? Jauh lebih mudah dibandingkan dengan mempersiapkan diri dan berangkat ke restoran atau tempat jajanan pinggir jalan hanya untuk menikmati satu gelas es doger tersebut, hihi. Pokoknya ga perlu panasan ke luar rumah deh. 

Selain jauh lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya, menguasai pembuatan es doger tentunya menambah keterampilan sahabat witnifood, khususnya dalam bidang memasak dan menyajikan hidangan pencuci mulut yang segar dan lezat. Demikian Resep Es Doger Segar yang witnifood bagikan, semoga bermanfaat ya sahabat witnifood. Cobain juga nih Cah Kangkung untuk menemani nasi pada saat jam makan siang sahabat witnifood. Selamat mencoba :)

Post a Comment for "Resep Es Doger Segar Dengan Topping Buah"