Resep Membuat Bubur Candil Ubi Jalar

Resep Membuat Bubur Candil - Bubur adalah makanan yang bertekstur lembut serta mudah dicerna. Baik bayi, balita, anak-anak maupun dewasa juga boleh mengkonsumsinya. Bubur adalah hidangan yang identik dijadikan sebagai menu sarapan. Apalagi jika bubur dikonsumsi saat masih hangat. Di Indonesia banyak sekali macam-macam jenis bubur yang pastinya sangat menggoyang lidah apabila kita menyantapnya. Mulai dari bubur yang memiliki rasa manis ataupun asin. Dan sebentar lagi witnifood akan berbagi sedikit info tentang macam-macam bubur yang ada di Indonesia, jangan kemana-mana ya sahabat witnifood.

Mulai dari bubur yang memiliki rasa asin terlebih dahulu ya sahabat witnifood. Yang pertama ada Bubuh mungguh yang berasal dari Bali, kemudian ada Bubur Ase dari Betawi, ada Bubur Ayam dari Jawa Barat khususnya Sukabumi dan Cianjur, ada Bubur Pedas dari Sambas, ada Bubur Bayam dari Tinuntun dari Manado, Bubur Basang dari Makasar, Bubur Lemu dari Solo, Bubur Gunting dari Banjarmasin, Bubur Manggul dari Madura, Pepeda dari Papua, dan mungkin masih banyak lagi bubur yang memiliki rasa asin di Tanah Air kita ini.

Kemudian untuk bubur yang memiliki rasa manis, sungguh sudah tidak diragukan lagi akan rasanya dan semua orang juga sangat menyukai bubur yang satu ini, yaitu bubur kacang hijau, nyammmmiiiii. Ada juga bubur beras ketan hitam, bubur candil, bubur sum-sum dan masih banyak lagi yang lainnya. Wah waaaah berarti jika di berbagai daerah di Indonesia mengadakan festival jajanan yang bertemakan bubur dari seluruh penjuru tanah air akan sangat banyak dan sangat meriah ya sahabat witnifood. Usul ke Pak Presiden yuks hihihi.

Naaah kali ini witnifood akan berbagi Resep Membuat Bubur Candil yang berbahan dasar ubi jalar. Ubi jalar atau ketela rambat adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi yang tinggi, yakni Karbohidrat. Di Afrika, umbi ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok yang penting. Di Asia, selain dimanfaatkan umbinya, daun muda ubi jalar juga dibuat sayuran. Terdapat pula ubi jalar yang dijadikan tanaman hias karena keindahan daunnya.

Kalau candil adalah makanan yang terbuat dari ketan, gula merah dan santan. Makanan ini adalah makanan yang cukup populer di pulau Jawa. Di daerah lain di kenal dengan sebutan Biji Salak. Karena bentuknya yang seukuran biji salak. Makakan ini sering disajikan sebagai makanan pembuka di saat berbuka puasa. Bubur candil ini adalah saudaranya Kolak, karena kuahnya hampir sama dengan kolak, hanya saja berbeda pada isiannya. 

Candil biasanya terbuat dari tepung beras ketan, hanya saja kini masyarakat mengkreasikan hasil kebunnya yaitu ubi jalar untuk membuat hidangan yang lezat seperti bubur candil tersebut. Tertarik untuk mencoba Resep Membuat Bubur Candil sendiri di dapur tercinta ? Berikut Resep Membuat Bubur Candil, simak baik-baik ya sahabat witnifood :)

Resep Membuat Bubur Candil

Resep Membuat Bubur Candil
Resep Membuat Bubur Candil

Bahan-bahan :

  • 5 buah Ubi Jalar.
  • 2 buah Gula Merah.
  • 2 lembar Daun Pandan.
  • Tepung Sagu secukupnya.
  • 500 ml Santan.
  • 1 sdt Garam.
  • Air secukupnya.

Cara Membuat :

  • Langkah pertama, kupaslah ubi jalar kemudian cuci dan kukus hingga empuk, kemudian haluskan.
  • Selanjutnya campurkan ubi jalar yang telah dihaluskan dengan tepung dan garam, kemudian tuangkan sedikit air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis dan bisa dibentuk bulat-bulat.
  • Masaklah gula merah dengan air dan daun pandan hingga mendidih kemudian saring.
  • Setelah itu masukan adonan bola-bola bubur candil, rebus kembali hingga matang dan mengapung, kemudian masukanlah larutan tepung sagu dan aduk hingga rata.
  • Sembari menunggu bubur candil matang, saatnya membuat kuah santannya.
  • Rebuslah santan, daun pandan dan sedikit garam. Aduk agar santan tidak menggumpal. 
Saran penyajiannya adalah, siapkan mangkunk saji kemudian taruh bubur di dalamnya. Kemudian tuang dengan kuah santan sesuai selera. Sajikan selagi hangat ya sahabat witnifood. Naaaah mudah kan Resep Membuat Bubur Candil yang legit, lembut dan kenyal. Yang pastinya mudah dan praktis hanya saja perlu ketlatenan untuk membuat bubur candil tersebut.

Demikian Resep Membuat Bubur Candil yang witnifood bagikan, semoga bermanfaat dan tetap lestarikan warisan kuliner nusantara ya sahabat witnifood. Dan manfaatkan hasil kebun yang ada seperti ubi jalar tersebut :) Masih makanan khas Indonesia nih sahabat witnifood. Ada Rawon Sapi atau Black Soup yang kudu sahabat witnifood coba :) Selamat mencoba :)

Post a Comment for "Resep Membuat Bubur Candil Ubi Jalar"